Explosion Welding

Explosion welding (EXW) adalah salah satu proses yang berhubungan dengan pembentukan sifat material dimana pengelasan dilakukan dengan melakukan menabrakkan salahsalah satu komponen dengan komponen yang lain pada kecepatan yang sangat tinggi. Untuk mencapai kecepatan ini biasanya proses welding dilakukan dengan menambahkan bahan peledak di atas permukaan salah satu komponen yang akan dilas sehingga terjadi ikatan kimia antara kedua permukaan yang dilas. Proses ini biasanya digunakan untuk melapisi baja karbon dengan meterial lain yang tahan korosi seperti stainless steel, nikel, titanium atau zirkonium. Karena prosesnya yang alami geometri material yang dilas harus sederhana, biasanya benda kerja yang akan dilas berbentuk lembaran atau pipa.

proses explosion welding

variasi profil ikatan



Sejarah
Tidak seperti proses las yang lain seperti pengelasan busur yang sudah dikembangkan sekitar tahun 1800an, pengelasan dengan cara peledakan dikembangkan baru-baru ini pada dekade setelah terjadinya Perang Dunia II. Namun, pada masa Perang Dunia I telah diteliti bahwa terdapat serpihan granat yang menempel pada armor plate yang tidak hanya melekat tapi juga seolah-oleh dilas pada plat tersebut. Karena tingginya temperatur yang terjadi tidak menjadi peran penting dalam beberapa proses pengelasan lain (termasuk juga pengelasan jenis ini), disimpulkan bahwa fenomena yang terjadi pada serpihan granat adalah akibat adanya ledakan.
Pada tahun 1962 DuPont mematenkan metode pengelasan jenis ini dan didanai pada tahun 1964. Pada tanggal 22 Juli 1996, Dynamic Materials Corporation melengkapi temuan DuPont's Detaclad operations untuk dibeli dengan harga $5.321.800.

Penggunaan
  1. menyambung pipa
  2. pembuatan heat exchanger dan pressure vessel
  3. tube plugging
  4. penggabuangan material tipis di daerah berbahaya
  5. menggabung metal yang berbeda
  6. pemasangan fin pendingin
  7. dll

Keuntungan
  1. dapat menggabung beberapa metal, umumnya material yang sulit dilas
  2. jig/fixture yang sedikit
  3. proses yang sederhana
  4. area pengelasan yang luas
  5. ketebalan material yang dilas sangat bervariasi
  6. tidak mengubah sifat material induk
  7. bahan peledak yang digunakan sedikit

Kerugian
  1. material yang akan dilas harus memuliki daya impak dan keuletan yang cukup tinggi
  2. suara dan ledakan yang dihasilkan sehingga membutuhkan perlindungan operator, ruang vakum atau dibenamkan dalam air atau pasir
  3. getaran pada tanah
  4. keterbatasan geometri benda kerja

sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Explosion_welding
http://www.metalwebnews.com/howto/explosive-welding/explosive-welding.html
http://www.pacaero.com/products/explosive-welding-metals.htm
http://www.dynamicmaterials.com/Divisions/Clad%20Metal%20Group/Explosion%20Welding%20Technology/Explosion%20Weld%20Process

0 komentar:

Posting Komentar